SELAMAT DATANG DINAGARI SIALANG KECAMATAN KAPUR IX KAB. LIMA PULUH KOTA "SIALANG URANG PALABAH NISAN SATITIAK INDAK DITARUAH"

Artikel

PELATIHAN PENYELENGGARAAN FARDHU KIFAYAH NAGARI SIALANG

29 Juli 2022 10:22:10  Administrator  403 Kali Dibaca  Berita Lokal

Menyikapi permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat khususnya tentang penyelenggaraan fardhu kifayah (penyelenggaraan jenazah), masih banyak masyarakat yang kurang ilmu tentang penyelenggaraan jenazah, apabila ada orang yang meninggal dinagari Sialang orang yang mengurs jenazahnya hanya orang tertentu saja, ini bukan masalah jabatan unsur tertentu tapi masih kurangnya ilmu tentang hal tersebut. Maka Pemerintahan nagari membuat suatu kegiatan yang khusus mengkaji hal demikian yakni Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah.

Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah ini dilakukan pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022. Kegiatan ini tidak hanya terpaku pada pelaksanaan sholat jenazah saja tapi ini memuat seluruh rangkaian mulai dari mayat yang menghadapi sakaratul maut sampai tata cara penguburannya.

Narasumber untuk kegiatan ini adalah anak nagari Sialang yang telah lama menimba ilmu diberbagai wilayah yang ada di Indonesia, beliau adalah bapak buya DR. HARMEN HADI, SHI.MHum, beliau menuturkan dengan sangat detail mulai dari A sampai Z dan seluruh peserta sangat puas, sebab disamping penyampaian materi kegiatan beliau juga menyelingi dengan berinteraksi dengan peserta.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekcam Kecamatan Kapur IX Bapak AIDIL FITRI B, S.Ag, beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini, hanya nagari Sialang yang baru melakukan kegiatan seperti ini, beliau juga berharap nagari yang lain di Kecamatan Kapur IX bisa mengambil contoh dari nagari Sialang.

Harapan dari Pemerintahan nagari Sialang semoga ilmu yang diberikan narasumber bermanfaat bagi peserta dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, adapun peserta dari kegiatan ini adalah seluruh guru TPQ/TPA yang ada dinagari Sialang ditambah dengan Lembaga Syara' Nagari serta diikuti juga oleh beberapa orang anak KKN dari Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IMAM BONJOL PADANG)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Nagari

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jln Dt.Bandaro Kayo Jorong Sialang Atas Nagari Sialang Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota
Nagari : Sialang
Kecamatan : Kapur IX
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26273
Telepon : 082169455863
Email : sialangkapurix50@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:47
    Kemarin:106
    Total Pengunjung:34.365
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.218.224.226
    Browser:Mozilla 5.0